22 Oktober 2024, pada tanggal ini Indonesia merayakan Hari Santri Nasional. Ini adalah hari yang dipenuhi makna bagi jutaan santri di seluruh tanah air. Pada tahun 1945, sebuah seruan bersejarah dari seorang pemimpin agama dan pendidikan, KH. Hasyim Asy’ari, membakar semangat perjuangan santri. Seruan ini berperan kunci dalam pertempuran melawan penjajah Sekutu dan mewujudkan semangat jihad yang kemudian memuncak dalam pertempuran Surabaya pada 10 November 1945.

Sebagai Sekolah yang berdiri atas Prakarsa Pondok Pesantren Manbaul Uluum Wringinputih Muncar, SMK Negeri Darul Ulum mengajak kepada seluruh elemen untuk bersama mengikuti Upacara Hari Santri Nasional tahun 2024 dengan mengenakan pakaian khas Santri serta menjaga akhlaqul karimah.

Ketika kita merayakan Hari Santri Nasional, kita tidak hanya mengenang perjuangan masa lalu tetapi juga melihat masa depan yang cerah yang bisa diciptakan oleh para santri. Mereka adalah agen perubahan, intelektual yang berkualitas, dan pilar moral dalam masyarakat sesuai dengan Motto “Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan”

“Santri tidak hanya belajar tentang agama, tetapi juga diajarkan nilai-nilai sosial, keberagaman, dan perdamaian. Mereka merupakan agen perubahan yang membawa kebaikan bagi masyarakat di sekitar mereka. Banyak santri yang kemudian menjadi tokoh-tokoh ulama, cendekiawan, dan pemimpin masyarakat yang membawa dampak positif bagi bangsa dan negara.” Pesan Kepala SMK Negeri Darul Ulum Muncar Bapak Dr. Umar Said, M.Pd

Dalam Peringatan Hari Santri Nasional tahun 2024 ini dilaksanakan juga pemberian Apresiasi Kepada Siswa-Siswi yang berprestasi diantaranya :

Juara 3 Nasional Santri Digitalpreneur Indonesia 2024
Suko Aji Mubarok Kelas XI DKV 2

Juara 2 Olimpiade Nasional
1. Auretha Zaskia Putri Maharany Kelas 12 AKL 1
2. Zahra Dwi Pramesti Kelas 11 AKL 3

Juara Harapan 1 Olimpiade Nasional
1. Azizatun Nisaq Kelas 12 AKL 1
2. Bunga Mulia Lestari Kelas 12 AKL 2

Juara Harapan 2 Olimpiade Nasional
1. Agung Zakaria Kelas 11 AKL 1
2. Ahmad Zidan Attaqiy Kelas 12 AKL 1

Juara Harapan 3 Olimpiade Nasional
1. Yessika Tri Wahyuni Kelas 12 AKL 3
2. Nila Indra Arnelita Kelas 11 AKL 2

Kepala SMK Negeri Darul Ulum Muncar Bapak Dr. Umar Said, M.Pd memberikan motivasi kepada seluruh siswa siswi SMK Negeri Darul Ulum Muncar bahwa pemberian apresiasi ini merupakan wujud dukungan lembaga kepada siswa-siswi berprestasi sehingga diharapkan siswa-siswi SMK Negeri Darul Ulum Muncar terus semangat dan terus meningkatkan prestasinya baik dibidang akademik maupun non akademik.

By admin