Pendidikan dan pelatihan adalah kunci utama bagi perkembangan individu dan pertumbuhan ekonomi suatu negara. Namun, seringkali terjadi kesenjangan antara apa yang diajarkan di dalam kelas dengan apa yang dibutuhkan di dunia kerja. Workshop penyelarasan pembelajaran berbasis dunia kerja untuk SMK Pusat Keunggulan adalah kegiatan yang bertujuan untuk mengintegrasikan pendidikan dengan dunia kerja, sehingga siswa dapat lebih siap menghadapi tantangan di dunia nyata setelah lulus dari sekolah menengah kejuruan (SMK).

Pada hari Rabu, 10 Juli 2024, di aula Hotel Illira Banyuwangi, SMK Negeri Darul Ulum Muncar menyelenggarakan workshop dengan judul “ Workshop Pembelajaran Berbasis Dunia Kerja”, yang dihadiri oleh kepala sekolah, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Untuk Wilayah kabupaten Banyuwangi, guru, dan sejumlah tamu undangan dari IDUKA (Industri Dunia Usaha dan Dunia Kerja) yang sudah bekerja sama dengan SMK Negeri Darul Ulum Muncar. Adapun IDUKA yang telah menandatangani MoU dengan SMK Negeri Darul Ulum Muncar, antara lain:

  1. PT Blambangan Bahari Shipyard
  2. PT Wahyu Adidaya Network
  3. UD Sinar Bahari
  4. PT Cipta Sarana Cendekia
  5. PT Dipo Internasional Pahala Otomotif
  6. TM Sport
  7. H n R Boutique
  8. Advantage
  9. Illira Hotel
  10. Aston Hotel
  11. Multikom
  12. Swapro

Acara workshop kali ini dipandu oleh MC Ibu Ayu Surga Wiyasari, S.Pd, dimana acara dibuka dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh Bapak Abdul Rouf Ali Manan, M.Pdi. Tak lupa Kepala Sekolah, Bapak Dr. Umar Said, M.Pd memberikan pengarahan dan penjelasan yang gamblang akan pentingnya menyelaraskan pembelajaran dengan dunia usaha. Sebelum arahan diberikan, kepala sekolah.

Workshop ini dilaksanakan untuk mengawali program besar tahunan untuk tahun ajaran 2024/2025. Harapannya kita bisa menyesuaikan kurikulum sekolah yang berbasis industri dengan kurikulum yang berbasis pesantren dan kurikulum nasional, Umar menambahkan, dengan memadukan tiga kurikulum tersebut, sekolah berharap pembelajaran yang diberikan nanti bisa mempermudah lulusan untuk cepat terserap di dunia kerja. Selain itu, para siswa tetap memiliki attitude dan karakter yang baik dan dibutuhkan di tengah masyarakat.” kata Kepala SMK Negeri Darul Ulum Muncar, Bapak Dr H Umar Said MPd.

Dalam Workshop kali ini, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Banyuwangi Bpk Ahmad Jaenuri, S.Pd., M.Pd, memberikan penjelasan tentang cita-cita pendidikan SMK ” Terwujudnya tamatan yang berkarakter kuat, siap bekerja dan berwirausaha dengan berbasis teknologi yang berwawasan lingkungan”. Untuk alasan itulah, workshop kali ini sangat tepat sebagai sarana guna mewujudkan menjawab tantangan di dunia kerja bagi peserta didik.

Hingga saat ini ada sekitar 154 perusahaan yang bekerja sama dengan SMKN Darul Ulum. Baik perusahaan berskala besar hingga skala usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Banyuwangi. Mereka selama ini rutin menyerap tenaga kerja dari alumnus SMKN Darul Ulum yang sudah disiapkan sejak awal. ”Industri itu menyerap tenaga dari tujuh bidang yang kami siapkan, mulai otomotif, industri kapal fiber, pengalengan ikan, multimedia, fashion, komputer jaringan, dan akuntansi

By admin